Gelar Sarasehan Revitalisasi Trisakti, Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Bahas 3 Tema Besar

Kemenko PMK menggelar Gelar Sarasehan Revitalisasi Trisakti buat merayakan Bulan Bung Karno dan Hari Lahir Pancasila. Maka apa saja yang akan dibahas? Acara tersebut sudah diresmikan oleh Andie Megantara yang merupakan sekretaris Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan dalam ruang Heritage Kemenko PMK. Acara tersebut dibuka langsung oleh Andie mewakili Muhadjir Effendy Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.

Rafik Karsidi yang merupakan Staf Khusus Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, menginfokan kalau kegiatan ini akan berjalan pada 3 sampai 5 Juli tahun 2023. “Dalam acara ini kita akan mengambil tema besar yaitu “Revitalisasi Trisakti yang akan berjalan selama 3 hari. Dan masing-masing satu hari tiga narasumber dan tiga pemakalah” kata Rafik. 

Tidak hanya itu, Rafik juga memberitahukan kalau ada beberapa hal yang perlu dibahas dalam Sarasehan Revitalisasi Trisakti ini. Tiga topik utamanya adalah Ekonomi, Kebudayaan dan Politik yang dibahas dengan cara terpisah.

“Disini saya akan beritahukan sejumlah tema yang sangat luar biasa hari ini, salah satunya yaitu kajian politik. Dengan membahas kedaulatan politik dalam meneliti strategi dan geopolitik Indonesia, Reaktualisasi Trisakti terkait kedaulatan politik melalui keragaman pemikiran politik untuk persatuan bangsa. Selanjutnya nanti ada tinjauan mengenai ekonomi yang akan menjelaskan tentang penguatan ekonomi pancasila di tengah proses Ekonomi dan praktek sistem ekonomi berdasarkan Pancasila serta perubahan teknologi buat kemajuan dan kemandirian bangsa” Ucap Raflik.

“Hari terakhir pastinya ada pengkajian terkait kebudayaan, mengenai Agama sebagai inspirasi budaya dan kepribadian bangsa, serta perubahan sosial menjadi kebudayaan dan kepribadiaan. Yang terakhir merupakan turbulensi budaya di era digital dan salah satunya digitalisasi yang fantastis. Sekarang ini memang digital sangat mengganggu namun disisi lain cukup membantu dalam perkembangan” Tambah Raflik.

READ  Bacapres Ganjar Pranowo Menginfokan Akan Ada Parpol Lain Yang Akan Berkomunikasi Dengan PDIP

Menurut Raflik Revitalisasi Trisakti sangat penting buat membuat Indonesia Maju dan Raflik juga mengatakan kalau 3 Poin luar biasa tersebut memang termasuk ke dalam rencana pembangunan jangka panjang untuk Indonesia. “Tentu ketiga poin tadi termasuk pembangunan jangka panjang yang sudah diinfokan oleh Presiden” ucap Raflik

Rafli juga menjelaskan kalau Muhadjir sudah memberikan arahan supaya pihaknya bisa mendapatkan rekomendasi kebijakan Reaktualisasi Trisakti buat strategi-strategi pembangunan masa depan dan pastinya hal ini sangat penting” kata Raflik.

Pemerintah tentunya  juga sangat mementingkan kemajuan dan ketertiban bangsa, maka dari itu ke 3 poin tersebut masuk dalam strategi presiden. Seperti poin pertama yaitu politik, hal ini sangat penting karena sebelumnya bangsa Indonesia belum bisa memperlihatkan eksistensinya sebagai bangsa.

Dan Poin kedua yaitu Ekonomi, tentu Ekonomi bangsa memang masih ketergantungan dengan ekonomi Asing sehingga cukup sulit untuk membentuk perekonomian secara Mandiri.

Terakhir poin ketiga adalah Kebudayaan, tentunya Indonesia perlu menambah semangat gotong royong yang dapat menjadi modal untuk meningkatkan solidaritas politik, ekonomi dan budaya.

Poin-poin tersebut pastinya sangat berguna untuk masa depan negara Indonesia, sehingga dapat memajukan dan meningkatkan kualitas negara Indonesia. Maka dari itu Presiden Jokowi selalu membangun semangat maju untuk masyarakat Indonesia yang ikut berpartisipasi dalam hal ini.

Tidak hanya itu, dengan adanya acara Gelar Sarasehan Revitalisasi Trisakti tentu cukup bermanfaat bagi para Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan untuk menciptakan pembangunan yang luar bagi negara dan memaksimalkan pembangunan bangsa Indonesia supaya bisa lebih maju lagi. Maka dari itu Jokowi berharap besar untuk Negara Indonesia menjadi lebih berkualitas di masa mendatang nanti.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *