Syarat Pinjaman KUR 2022 dan Cara Pengajuan Pinjaman KUR di Bank Terbaru

Syarat Pinjaman KUR 2022 dan Cara Pengajuan Pinjaman KUR di Bank Terbaru

Anda ingin bisnis properti perumahan? Tapi tidak cukup dana untuk melakukan bisnis properti perumahan terutama rumah milenial, Pinjaman KUR solusinya karena bunga nya kecil. Apa saja syarat pinjaman KUR 2021? Bagaimana cara pengajuan pinjaman KUR di bank? Simak ulasan panduan lengkapnya berikut ini.

KUR (Kredit Usaha Rakyat) adalah layanan kredit dan pembiayaan yang diberikan kepada UMKMK oleh pemerintah. Oleh karenanya, beberapa usaha rakyat diharapkan agar menggunakan KUR, terutama bagi usaha yang bergerak di bidang pertanian, perikanan, kelautan, perindustrian, kehutanan dan jasa keuangan simpan pinjam. 

Melalui KUR inilah, maka UMKMK diharapkan agar dapat mengakses dan memanfaatkan KUR dengan sebaik mungkin. Secara umum, tujuan KUR sendiri adalah untuk memberdayakan UMKMK, menciptakan lapangan kerja serta menanggulangi kemiskinan. 

Syarat Pinjaman KUR 2022 dan Cara Pengajuan Pinjaman KUR di Bank Terbaru

Pada dasarnya ada beberapa bank pelaksana di Indonesia yang bisa menyalurkan KUR, diantaranya seperti bank BRI, bank BNI, bank Mandiri, bank BTN, bank Syariah Mandiri dan bank Bukopin. Buat Anda yang akan mengajukan pinjaman KUR di Bank BRI, berikut adalah syarat pinjaman KUR 2021 yang harus Anda tahu.

KUR Mikro Bank BRI

Ini adalah layanan kredit modal kerja atau investasi dengan plafon sampai dengan Rp 25 juta rupiah per debitur. 
  • Individu atau perorangan yang melakukan usaha produktif dan layak
  • Melakukan usaha secra aktif, minimal 6 bulan
  • Tidak sedang menerima kredit dari bank, kecuali kredit konsumtif seperti KKB, KPR atau Kartu Kredit
  • Persyaratan administrasi
  • Identitas berupa KTP, KK dan surat izin usaha

KUR Kecil Bank BRI

Ini adalah layanan kredit modal kerja atau investasi kepada debitur yang memiliki usaha produktif dan layak dengan plafon lebih dari Rp 25 juta rupiah sampai Rp 500 juta rupiah per debitur.
  • Memiliki usaha produktif dan layak
  • Tidak sedang menerima kredit dari bank, kecuali kredit konsumtif seperti KKB, KPR maupun Kartu Kredit
  • Telah memiliki usaha secara aktif, minimal 6 bulan
  • Memiliki surat izin usaha mikro dan kecil, atau IUMK. Alternatif lainnya, Anda harus memiliki surat izin usaha lain yang bisa dipersamakan

KUR TKI Bank BRI

Ini adalah layanan yang diberikan secara khusus untuk membiayai keberangkatan calon TKI ke negara penempatan dengan plafon sebesar Rp 25 juta rupiah.
Individu atau perorangan calon TKI 
KTP
KK
Perjanjian kerja dengan pengguna jasa
Perjanjian penempatan
Passport
Visa
dan beberapa persyaratan lain sesuai ketentuan yang diberlakukan

Setelah Anda mengetahui secara mendetail apa itu KUR dan syarat pinjaman KUR 2021, kini saatnya untuk mengetahui cara pengajuan KUR di bank. Sebenarnya, cara pengajuan pinjaman KUR ini tidaklah sulit, tetapi memang masih sangat sering ditanyakan masyarakat karena bagi orang awam mereka masih merasa bingung untuk mendapatkannya. 

Padahal seperti yang kita tahu bersama, banyak pelaku UMKMK yang sangat membutuhkan jenis kredit ini. Makanya, bagi Anda yang ingin mendapatkan pinjaman kredit dengan plafon kredit sampai dengan Rp 500 juta rupiah ini Anda harus membaca panduan dan caranya berikut.
  • Sebagai langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memasikan usaha yang Anda jalankan termasuk dalam usaha produktif. Contoh usaha produktif di sini, yakni usaha kerajinan, rumah makan, salon kecantikan dan lain sebagainya. 
  • Selanjutnya adalah menyiapkan beberapa berkas atau dokumen untuk mendapatkan jenis kredit ini. Dokumen yang dibutuhkan untuk mendapatkan KUR sudah kami jelaskan pada ulasannya di atas. 
  • Apabila semua dokumen yang dibutuhkan sudah disiapkan, langkah berikutnya adalah mendatangi kantor bank terdekat. Namun sebelumnya pastikan untuk memilih bank yang menyalurkan KUR secara tepat. 
  • Ada beberapa bank yang ditunjuk pemerintah untuk penyaluran KUR, diantaranya seperti bank BRI, bank BNI, bank BTN, bank Mandiri dan lain – lain.
  • Di kantor bank tersebut jangan lupa untuk meminta informasi seputar kejelasan cara pengajukan pinjaman KUR agar disetujui. 
  • Jika sudah, silakan Anda ikuti saja prosedur yang berlaku untuk mendapatkan KUR. 
  • Namun demikian, pastikan Anda sudah menyerahkan surat permohonan KUR dan dokumen – dokumen yang dibutuhkan secara lengkap untuk mengajukan KUR tersebut kepada pihak bank. 
  • Pihak bank kemudian akan melakukan survei terhadap usaha yang Anda jalankan. Lalu, pihak bank akan menilai apa pengajuan KUR Anda layak atau tidak. 
  • Apabila usaha yang Anda jalankan dinilai sudah memenuhi persyaratan, maka pengajuan KUR Anda akan disetujui dan segera cair.

Selain itu, agar pengajuan KUR di bank Anda berjalan dengan mulus, disarankan agar Anda bisa menjalankan beberapa tips berikut ini.
  • Memastikan terlebih dulu Anda tidak sedang mendapat pembiayaan KUR dari bank lain.
  • Memastikan usaha yang Anda jalankan sudah beroperasi, atau berjalan minimal 6 bulan. 
  • Artinya, bukan jenis usaha yang baru dibangun atau masih dalam tahap rencana. 
  • Alasannya, dengan eksistensi usaha Anda, maka hal tersebut dapat memperkuat nilai ketika usaha Anda disurvei pihak bank. 
  • Memastikan usaha Anda sehat. Artinya, usaha yang Anda jalankan mendapat untung dan tidak sedang merugi. Dalam laporan keuangan yang dibuat, sehat atau tidaknya usaha akan terlihat secara jelas.
  • Menyiapkan agunan. Di sini Anda harus bersiap – siap dengan agunan. Siapa tahu produk itu aslinya berupa kredit multiguna sehingga pihak bank mesti meminta jaminan atau pun agunan kredit.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang syarat pinjaman KUR 2021 dan cara pengajuan pinjaman KUR di bank terbaru. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar

Berita69.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE. 🙏

Lebih baru Lebih lama