Jenis Dump Truck Dan Kegunaannya Di Dunia Industri

Jenis Dump Truck Dan Kegunaannya Di Dunia Industri
Bicara mengenai angkut mengangkut, dump truck jagonya. Namun tahukah Anda mengenai jenis dump truck tersebut?
Kendaraan berat ini memang sangat mudah dijumpai oleh masyarakat. Hanya setiap jenis ini dioperasikan pada medan tertentu saja. Harganya pun bervariasi, tergantung pabrikan yang mengeluarkannya. Contohnya harga dump truck Mitsubishi akan sedikit berbeda dengan harga dump truck FAW.
Secara umum, jenisnya sangat bervariasi. Dari sekian banyak tipenya, Kami coba bagikan beberapa jenis dan kegunaannya di bawah ini.

Dump Truck Standar

Jenis ini paling sering ditemukan oleh masyarakat. Bahkan, sering beroperasi secara beriringan dengan membawa muatan seperti pasir atau batu di sekitar.
Model kendaraan berat ini tampak cukup gagah. Memiliki bak yang terpasang persis di atas sasisnya.
Biasanya, kendaraan ini dilengkapi dengan hidrolik. Fungsinya untuk mempercepat proses pembongkaran muatan di suatu wilayah.
Kelebihannya, jenis dump truck ini cukup baik dalam bermanuver. Kinerjanya dalam mengangkut muatan cukup baik. Bahkan, lebih cepat dalam memindahkan barang ke suatu tempat.
Sementara kekurangannya, muatannya sangat terbatas. Makanya, hanya beberapa aktivitas penambangan kecil dan sedang yang biasanya memanfaatkan kendaraan tersebut.
Jenis material yang diangkut pun bervariasi. Kebanyakan berupa pasir, kerikil, koral hingga batu. Biasanya, distribusi material ini lebih luas. Tetapi, hanya di lingkungan sekitar saja.

Dump Truck Transfer

Dalam dunia konstruksi, kendaraan ini paling sering dimaksimalkan. Terutama dalam memindahkan material yang berguna untuk pembangunan.
Jenis ini dilengkapi dengan trailer terpisah. Praktis, ini menunjukkan kelebihannya dalam memuat material. Artinya, kapasitas muatan yang dapat dibawa jauh lebih banyak.
Tetapi dibalik itu, ada kelemahannya. Kekurangannya terletak pada manuvernya. Manuver kendaraan tidak sebagus dump standar lantaran bobot yang diangkutnya jauh lebih besar.
Kebanyakan, jenis ini digunakan untuk mengangkut material aspal. Ketika pengaspalan jalan dilakukan, dump truk inilah yang sering beroperasi untuk mendukung terlaksananya pekerjaan.
Jenis ini pun dikeluarkan oleh sejumlah pabrikan. Contohnya Toyota yang mengeluarkan dump truck Hino. Anda bisa mencari informasi harga jualnya dalam harga dump truck Hino ini.

Dump Truck Double Trailer

Hampir mirip dengan jenis dump truck kedua, jenis ini pun memiliki kelemahan dalam bermanuver. Kendaraannya tidak dapat berjalan secepat dari dump standar.
Walaupun begitu, jenis ini sangat pas untuk dimanfaatkan sebagai kendaraan angkut material. Khususnya material yang harus dibawa secara bersamaan.
Muatannya jauh lebih banyak lantaran dilengkapi dengan double trailer di belakang kendaraan. Biasanya, jarak tempuhnya cukup jauh sehingga kendaraan ini dibuat dengan spesifikasi yang lebih menjanjikan.

Dump Truck Haul

Bisa dibilang jika jenis ini sebagai kendaraan pengangkut yang megah. Ini terlihat dari penampilannya yang super besar dan gagah.
Rodanya pun sangat besar. Ditopang dengan bak yang sama besar dengan bobot yang luar biasa.
Bentuknya pun sangat kokoh. Mampu mengangkut material yang cukup berlimpah. Tidak mengherankan jika kendaraan ini sangat dibutuhkan dalam dunia pertambangan.
Tepatnya, kendaraan berat ini hanya digunakan di area pertambangan besar. Operasinya hanya di lingkungan itu saja.
Sekedar informasi saja, truk jenis ini pernah dibuat dengan ukuran yang sangat besar. Kapasitas pengangkutannya bisa mencapai 450 metric ton.
Praktis, jenis ini menjadi yang terbesar dan cukup membantu dalam menunjang kegiatan pertambangan dalam skala besar. Sejauh ini, jenis ini masih sering beroperasi.
Demikianlah beberapa jenis dump truck yang beroperasi di dunia industri. Jenisnya bervariasi, memiliki spesifikasi yang berbeda. Mengenai harga dump truck, ini menyesuaikan dengan siapa yang memproduksinya. Informasi mengenai harganya bisa diintip langsung di web jual alat berat dot net

4 thoughts on “Jenis Dump Truck Dan Kegunaannya Di Dunia Industri

Leave a Reply

Your email address will not be published.