Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Siswa SMK Kini Punya Kesempatan Lebih Besar Masuk Politeknik via Jalur Terbaru Ini

 


Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi Negeri( LTMPT), yang berada di bawah Kementerian Pendidikan serta Kebudayaan, sudah resmi bergabung dengan politeknik alhasil dapat memasukan mahasiswa ke jenjang Diploma 4( D4).


Pimpinan LTMPT Moh. Nasih berkata kalau tahun ini LTMPT sudah bergabung dengan Dirjen Vokasi Kemendikbud, alhasil semua program studi jenjang D4 dapat turut dan dalam cara Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri( SNMPTN) ataupun Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri( SBMPTN).


Baginya, pelajar Sekolah Menengah Kejuruan( SMK) bakal memperoleh poin serta peluang lebih besar buat masuk dibanding dengan pada saat mendaftar ke program studi jenjang Strata 1( S1).


“ Tidak hanya untuk Politeknik, perihal ini pula berlaku untuk universitas di bawah naungan Kementerian Agama[Kemenag],” ucap Nasih pada rapat pers, Senin( 4 atau 1 atau 2021).


Ada pula, untuk ikut seleksi itu, perguruan tinggi wajib mengikuti ketentuan alokasi LTMPT, ialah 20 persen dari jalur SNMPTN, 40 persen dari UTBK– SBMPTN, serta 20 persen dari jalur mandiri.


“ Jadi tidak bisa kuotanya semaunya sendiri, termasuk daya terima serta prosedur yang dicoba seluruhnya wajib ikut ketentuan LTMPT,” jelas Nasih.


Pimpinan penyelenggara LTMPT Budi Widyobroto menambahkan, terpaut dengan opsi program studi untuk pelajar. Pada 2 jalur masuk perguruan tinggi pelajar berpeluang memilah 2 program studi. pelajar dapat memilah salah satu ataupun keduanya program studi jenjang D4.


“ Jadi misalnya bisa memilah 2 prodi. contoh di universitas A seleksi satu prodi S1, satunya lagi prodi D4 itu bisa,” nyata Budi.


Budi pula menarangkan kalau Politeknik hendak membagikan mutu lebih pada yang jurusannya dari Sekolah Menengah Kejuruan(SMK).


“ Jika anak Sekolah Menengah Kejuruan(SMK) kesempatannya hendak lebih besar di indikator sekolah. alhasil kans buat dapat masuk bisa lebih tinggi dibanding dengan di program akademik,” jelasnya. 

Berlangganan via Email