Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resmikan Renovasi Terbaru Masjid Istiqlal, Jokowi: Ini Bukan untuk Gagah-gagahan

 

Peresmian Renovasi Masjid Istiqlal sudah dilakukan di Jakarta Kamis Kemarin oleh Presiden Joko Widodo. Rencana pembaharuan masjid Istiqlal ini memakan anggaran Rp 511 miliyar dari APBN.


"Renovasi masjid Istiqlal ini ialah yang pertama semenjak 42 tahun yang kemudian serta memakan bayaran Rp511 miliyar dari APBN, sudah selesai direnovasi," tutur Jokowi dalam kegiatan peresmian pembaharuan masjid Istiqlal yang disiarkan di kanal Youtube Sekretariat Presiden.


Sesudah pembaharuan berakhir dicoba, Jokowi berkata masjid Istiqlal saat ini berganti sepenuhnya serta terlihat semacam konstruksi baru.


Ia juga mengantarkan penghargaan paling tinggi pada semua pihak yang ikut serta dalam pembaharuan masjid Istiqlal sebab tidak cuma mengoptimalkan langgar bagaikan guna ibadah tetapi pula mencermati aspek arsitektur, aspek seni, aspek estetika serta senantiasa menjaga pada kaidah- kaidah cagar adat gedung langgar.


Jokowi juga menyampaikan Landscape-nya kita atur ulang terus supaya jadi teratur dan indah, ubin pula sudah di atur ulang 3 kali lebih indah. Tata cahayanya pula ditukar, amat modern serta bagus. Sungai yang membelah Istiqlal pula jadi bersih serta apik.


Walaupun begitu, Jokowi menerangkan kalau pembaharuan masjid Istiqlal ini bukan buat gagah- gagahan serta masjid Istiqlal ini bukan cuma jadi kebesarhatian dari pemeluk Islam saja, namun kebesarhatian bangsa Indonesia.


Wajib diketahui masjid ini pula dibuat sebagai pernyataan rasa sykur atas rahmat Allah SWT alhasil Indonesia menemukan kebebasan. Maka dengan ini Renovasi masjid istiqlal akan terus dilakukan agar supaya terus menjadi megah, dan renovasi bukan untuk gagah-gagahan, dan juga kemegahan masjid ini bukan hanya jadi kebanggaan para pemeluk agama Islam akan tetapi kebanggaan seluruh penduduk Indonesia.


Sebagai negeri dengan masyarakat muslim terbanyak di Indonesia, Jokowi berambisi masjid Istiqlal dapat jadi sampel buat masjid- masjid dari negeri yang ada dalam meningkatkan syiar islam yang menyegarkan, menciptakan toleransi serta membuat perdamaian.


" Saya pesan pada tubuh pengelola supaya melindungi masjid istiqlal ini dengan bagus serta senantiasa bersih alhasil jadi senantiasa nyaman buat pemeluk muslim dalam melakukan aktivitas religiositas," ucap Jokowi.


Ada pula, berhubungan dengan wabah Covid- 19, Jokowi menegaskan supaya seluruh aktivitas yang dicoba di masjid iItiqlal bagus buat beribadah ataupun aktivitas yang lain buat menerapkan protokol kesehatan dengan ketat.


Buat diketahui, Pekerjaan pembaharuan Masjid Istiqlal buat pertama kalinya semenjak 42 tahun lalu diawali pada Mei 2019. Imam Besar Masjid Nasaruddin Umar berkata cara pembaharuan menyertakan sekitar 1. 000 pekerja." Cara pembaharuan dituntaskan selama 14 bulan," ucap Nasaruddin. 

Berlangganan via Email