Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Panduan UTBK 2021 LTMPT, dari Materi Hingga Syarat Peserta Terbaru

 


Prosedur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri( SNMPTN) sudah dimulai. Registrasi account Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi( LTMPT) dibukan semenjak 4 Januari 2020 sampai 1 Februari 2020.


Mengutip halaman resmi LTMPT, pada tahun ini, tes yang dikembangkan serta dilaksanakan dicoba dengan tata cara Ujian Tulis Berbasis Komputer( UTBK). instansi resmi penyaring mahasiswa PTN ini berkata tes hendak dicoba dengan cara faktual, adil serta akuntabel.


UTBK esoknya hendak dilaksanakan di PTN sebagai pelaksana Pusat UTBK PTN di bawah koordinasi serta tanggung jawab LTMPT. Rentang waktu tes yang didetetapkan dengan cara nasional serta hendak diselenggarakan dalam 2 gelombang.


Tiap gelombang dilaksanakan sepanjang 7 hari dengan cara berurutan serta tiap hari dilakukan 2 tahap.


Agenda UTBK dicoba dengan memperhitungkan jadwal ataupun kalender akademik serta aktivitas akademik nasional buat siswa Sekolah Lanjutan Tingkatan Atas( SLTA).


6 persyaratan partisipan UTBK:


Mempunyai account LTMPT


 pelajar SMA/ MA/ Sekolah Menengah Kejuruan(SMK) Kelas 12 pada tahun 2021 ataupun peserta didik Paket C tahun 2021 dengan umur maksimum 25 tahun per 1 Juli 2021.


Alumnus SMA/ MA/ Sekolah Menengah Kejuruan(SMK)/ Sederajat tahun 2019 serta 2020 ataupun lulusan Paket C tahun 2019 serta 2020 dengan umur maksimum 25 tahun per 1 Juli 2021.


Persyaratan Peserta:


- Peserta yang hendak memilah program studi Saintek, maka mengikuti TPS serta TKA Saintek.


- Peserta yang hendak memilah prodi Soshum maka mengikuti TPS serta TKA Soshum.


- Peserta yang hendak memilah prodi kombinasi( Saintek serta Soshum), maka mengikuti TPS, TKA Saintek serta TKA Soshum.


Hasil UTBK 2021 hanya berlaku buat penerimaan tahun 2021.


Melunasi bayaran UTBK.


Modul UTBK 2021 dipecah 2, yakni


Tes Potensi Skolastik( TPS)


TPS mengukur keahlian kognitif yang dikira berarti buat kesuksesan di sekolah resmi, spesialnya pembelajaran besar. Dalam TPS yang hendak dicoba merupakan keahlian penalaran umum, keterampilan kuantitatif, wawasan serta uraian umum, dan keahlian menguasai bacaan serta menulis. Keterampilan kuantitatif bakal melingkupi wawasan serta penguasaaan Matematika Dasar. Pada TPS, beberapa pertanyaan disuguhkan dalam Bahasa Inggris.


Tes Kompetensi Akademik( TKA)


Mengukur wawasan serta uraian ilmu yang diajarkan di sekolah serta dibutuhkan buat seorang bisa sukses dalam menempuh pembelajaran teratas. TKA pula mengukur keahlian kognitif yang terpaut langsung dengan konten mata pelajaran yang dipelajari di sekolah. Penekanan tes merupakan pada Higher Order Thinking Skills( HOTS).


3 Golongan UTBK 2021:


Golongan Tes Sains serta Teknologi( Saintek)


Modul tes hendak terdiri dari TPS serta TKA Saintek, semacam matematika, fisika, kimia, serta biologi. Peruntukan durasi yang diserahkan penyelenggara 195 menit.


Golongan Tes Sosial serta Humaniora


Modul tes TPS serta TKA soshum, semacam geografi, sejarah, sosiologi, serta ekonomi. Peruntukan durasi yang diserahkan penyelenggara 195 menit.


Golongan Tes Saintek serta Soshum


Modul tes TPS dan TKA saintek serta TKA soshum. Alokasi yang diberikan lebih lama, ialah 285 menit. 

Berlangganan via Email