Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memilih Jasa Sewa Bus yang Aman di Masa Pandemi

Menyewa bus merupakan salah satu cara bagi masyarakat Indonesia khususnya orang Jogja. Sewa bus dilakukan untuk melakukan perjalanan dengan banyak orang seperti wisata ke luar kota atau digunakan untuk melakukan perjalanan yang lainnya. Kini banyak tempat wisata yang sudah buka sehingga banyak lagi jasa sewa bus Jogja yang juga membuka untuk perjalanan.

Namun, karena kondisi masih pandemi, sebaiknya Anda juga harus pandai memilih jasa sewa yang pas agar saat sampai di rumah tidak membawa penyakit COVID-19.

Cara Memilih Jasa Sewa Bus yang Aman di Masa Pandemi

Cara Memilih Jasa Sewa Bus Jogja yang Aman di Masa Pandemi

Berdasarkan uraian di atas, maka di bawah ini akan kita bahas mengenai cara memilih jasa sewa bus Jogja yang aman dan nyaman pada masa Pandemi COVID-19, yaitu:

1. Pastikan Kru yang Bertugas dan Penumpang Disediakan Tes covid-19

Pertama, pastikan kru yang bertugas baik itu sopir, pemandu wisata kenek, dan lainnya serta para penumpang dilakukan tes COVID-19. Untuk jumlah yang besar baik itu kru dan penumpang biasanya jasa sewa mendatangkan tenaga kesehatan untuk mengetesnya pada saat itu juga.

Sebaiknya jangan percaya dengan tes yang dilakukan pada jauh-jauh hari sebelumnya sebab tak menjamin bahwa hasil tes tersebut masih sama dengan kondisi yang saat itu. Sebaiknya pilih jasa yang menyediakan tes pada saat sebelum melakukan perjalanan. Namun, hal ini opsional sesuai dengan keyakinan Anda masing-masing.

2. Pastikan Jasa Sewa  Mematuhi Protokol Kesehatan yang Ketat

Selain memastikan semua kru dan juga penumpang memiliki hasil tes yang negatif, Anda juga harus memastikan bahwa jasa sewa tersebut juga mematuhi protokol kesehatan yang ketat. Pada dasarnya bus terutama bus AC tidak memiliki sirkulasi udara yang baik sehingga seharusnya setiap penumpang turun atau naik bus didesinfeksi agar steril.

Penggunaan masker juga harus diperketat. Seharusnya penumpang dan kru ketika sudah keluar dari bus tidak boleh menggunakan masker yang sama saat masuk ke dalam bus. Tak hanya itu saja, kru dan penumpang juga wajib melakukan cuci tangan atau paling tidak disediakan hand sanitizer untuk menjaga kebersihan tangan.

3. Pastikan Jasa Sewa Memberikan Jaminan Keamanan untuk Para Penumpang

Kemudian, pastikan juga jasa sewa memberikan jaminan keamanan untuk para penumpang semuanya. Maksudnya jika Anda memilih paket sewa bus dengan paket wisata maka pastikan mereka memberikan opsi tempat wisata yang juga menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Tak hanya tempat wisatanya saja, tetapi juga rumah makan yang akan dikunjungi serta hotel atau tempat penginapan yang akan digunakan.

Dengan ini tentunya harga sewa bus akan semakin mahal namun demi kesehatan tentunya hal tersebut menjadi sangat penting. Anda harus memastikan bahwa jasa sewa bus tidak memilih tempat sembarangan khususnya untuk kegiatan wisata, makan, dan juga penginapan. Dengan ini maka penumpang dan kru lebih aman.

Itulah beberapa cara memilih jasa sewa bus di Jogja pada masa pandemi seperti saat ini. Dengan memilih jasa sewa yang baik maka Anda dan orang lainnya di dalam bus menjadi lebih aman dari penyebaran virus corona.

Namun, sebaik apa pun protokol kesehatan dijalankan sebaiknya Anda juga tetap menjalankannya dengan ketat sehingga tercipta saling mendukung. Kini beberapa tempat wisata telah dibuka, jasa sewa bus jogja juga banyak yang sudah melakukan operasinya sehingga Anda bisa menyewanya mulai sekarang.